Warga Palestina di Yerusalem Timur Tuntut  Israel untuk Bebaskan Jenazah Abu Juma

Warga Palestina di Yerusalem Timur Tuntut Israel untuk Bebaskan Jenazah Abu Juma

NewsINH, Al Quds – Sejumlah warga Palestina di Yerusalem Timur menggelar aksi proter terhadap polisi Israel untuk segera membebaskan jenazah Mohammed Abu Juma yang tewas ditembak pemukim Israel di desa Beit Sira di sebelah barat Ramallah pada 22 September silam.

Dilansir dari kantor berita Palestina, Wafa, Jumat (28/10/2022), aksi protes warga Palestina yang menuntut pembebasan jenazah itu mendapatkan perlawanan sengit dari pihak pasukan keamanan Israel.

“Pasukan Israel menyerang para pendemo di lingkungan al-Tur di Yerusalem Timur,  mereka menembakkan tabung gas air mata dan granat kejut ke arah pengunjuk rasa, namun, tidak ada cedera atau penangkapan yang dilaporkan dalam peristiwa tersebut,” kata sumber-sumber lokal kepada Wafa.

Unjuk rasa ini dimulai dari rumah salah seorang warga Palestina yang terbunuh di daerah al-Tur, di mana para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan yang menyerukan pembebasan tubuh Abu Juma.

Pengacara Pusat Informasi Wadi Hilweh, Mohammed Mahmoud, mengatakan penuntutan Israel memberitahukan bahwa mereka tidak berniat untuk menyerahkan jenazah Abu Juma setelah dia mengajukan petisi di Pengadilan Magistrat Israel.

Dia mengatakan keluarga Abu Juma sedang memeriksa pengajuan petisi ke Mahkamah Agung Israel untuk mendapatkan jazad korban.

Otoritas Israel kerap kali menahan jenazah warga Palestina yang menjadi korban pembunuhan baik yang dilakukan oleh pemukim Israel maupun pasukan Zionis, tak tanggung-tanggung penahanan terhadap mayat Warga Palestina itu juga berlangsung cukup lama hingga tahunan. Tindakan penahanan terhadap jenazah oleh Israel dinilai sangat menlanggar hak azasi kemanusian.

 

Sumber: Wafa  

Customer Support kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!