ntt-news-inh
Foto: indoposonline.net

News INH, NTT – Bencana banjir bandang di Provinsi Nusa Tenggara Timur akibat siklon tropis seroja mengundang perhatian masyarakat dunia. Uni Eropa menggelontorkan bantuan kemanusian untuk korban terdampak bencana itu sebesar €200 ribu atau sekitar Rp 3,4 miliar.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Piket menyatakan, melalui bantuan ini, Uni Eropa menyatakan solidaritasnya untuk Indonesia atas banyaknya warga yang terkena dampak Topan Seroja. Uni Eropa siap mendukung mereka yang membutuhkan di saat krisis.

Vincent menjelaskan, bantuan €150 ribu akan dialokasikan untuk menanggapi berbagai kebutuhan dari 3.850 rumah tangga rentan di 36 desa. Uang bantuan itu, juga untuk membantu distribusi alat pelindung diri kepada 150 petugas kesehatan di 3 rumah sakit guna mengantisipasi peningkatan dan penjegakan jumlah kasus COVID-19 yang kini masih meningkat di Indonesia.

BACA JUGA

-AKHIRNYA MEREKA BISA BERWUDHU

-Selusin Nyawa Warga Sipil Yaman Melayang

Uni Eropa Menyalurkan Bantuan Rp 3,4 M untuk Korban Topan Seroja - Dunia Tempo.co
Foto: duniatempo.co

“Dana bantuan ini dikucurkan melalui proyek I-COPE dan ENVISION yang didanai oleh Uni Eropa,” katanya.

Sementara itu, bantuan €50 ribu disalurkan lewat Operasi Perlindungan Sipil dan Bantuan Kemanusiaan Eropa (ECHO) melalui mekanisme Respon Skala Kecil. Lewat bantuan ini, diharapkan bisa memperkuat dukungan untuk proyek yang telah ada, yang dilaksanakan oleh organisasi mitra kemanusiaan Uni Eropa di Indonesia untuk menjangkau kelompok paling rentan.

“Dana Respon Skala Kecil ini merupakan mekanisme global dari ECHO, yang memungkinkan pendanaan cepat untuk bantuan kemanusiaan di negara-negara yang terkena bencana alam dan bencana akibat ulah manusia,” pungkasnya

Penulis : Naqsyabandi Ahmad Revolusi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *