Sheikh Omar al-Kiswani Direktur Masjid Al Aqsha Ditahan Polisi Israel

Sheikh Omar al-Kiswani Direktur Masjid Al Aqsha Ditahan Polisi Israel

NewsINH, Al Quds – Polisi Israel melakukan penggrebekan dan menahan Sheikh Omar al-Kiswani yang merupakan salah seorang Direktur Yayasan Masjid Al-Aqsa. Dalam aksinya polisi zionis mengamankan sejumlah dokumen dan komputer yang dijadikan alat kerja Sheikh Omar.

“Pasukan Israel menggerebek rumah al-Kiswani di daerah al-Tur di Yerusalem Timur lalu menahannya,” kata saksi mata seperti dikutip dari Anadolu, Rabu (21/9/2022)

Tidak ada pernyataan dari otoritas Israel terkait penahanannya. Pasukan Israel menyita sebuah komputer dan sejumlah dokumen selama penggerebekan berlangsung.

Pada Sabtu kemarin, penyiar publik Israel KAN mengatakan otoritas Israel mengusir sejumlah warga Palestina dari Masjid Al-Aqsa dalam persiapan untuk hari libur Yahudi. Al-Kiswani ditahan beberapa kali sebelumnya oleh polisi Israel.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu “Gunung Kuil”, mengklaim bahwa itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Sejak tahun 2003, Israel telah mengizinkan pemukim masuk ke kompleks tersebut hampir setiap hari kecuali pada hari Jumat dan Sabtu.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Israel mencaplok seluruh kota pada 1980 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

 

Sumber: Anadolu