Serentak di 9 Negara, INH Salurkan Ratusan Hewan Qurban pada Idul Adha 2024

Serentak di 9 Negara, INH Salurkan Ratusan Hewan Qurban pada Idul Adha 2024

NewsINH, Bogor – Dalam rangka memperkuat ibadah dan menyemarakkan hari raya Idul Adha atau hari raya qurban, lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) melakukan pemotongan hewan qurban secara serentak di seblian negara. Hewan Qurban ini merupakan hasil penggalangan yang dilakukan lembaga tersebut selama satu setengah bulan sebelum pelaksanaan idul qurban.

“Alhamdululillah pada tahun ini INH, melakukan pemotongan hewan qurban secara serentak di 9 negara sebagai bentuk implementasi program qurban tahun ini yaitu tebar 1000 hewan qurban,” kata Luqmanul Hakim Presiden INH, Rabu(19/6/2024).

Ia menjelaskan, ke sembilan negara yang menjadi lokasi penyaluran hewan qurban pada tahun ini diantaranya: Indonesia, Palestina, Suriah, Yaman, Sudan, Yordania, Uganda, Kenya, dan Nigeria.

“Program tahunan ini menargetkan negara-negara yang masyarakatnya mencakup mulai dari minoritas, dhuafa, lokasi pedalaman, penjajahan, konflik internal, serta mereka yang membutuhkan,” jelasnya.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi warga Indonesia yang ingin membantu saudara-saudara seiman mereka di belahan bumi lain yang kondisinya tidak seberuntung kita atau jauh lebih sulit karena satu dan lain hal.Untuk Palestina, terdaftar sekitar 64 orang untuk sapi patungan, 5 sapi per individu, 3 kambing dan 62 domba.

Untuk Indonesia, sebanyak 12 sapi dan 32 kambing disalurkan untuk setiap wilayah pedalaman yang mewakili dari berbagai provinsi, seperti Sumut, Riau, Aceh, Lampung, Kalbar, Sulbar, Sultra, NTT, Ambon dan sejumlah wilayah lainya.Untuk Kenya, terdaftar 32 kambing, 2 domba, 2 sapi dan 14 orang untuk dua sapi patungan. Untuk Suriah terdaftar 4 domba dan 1 kambing.

Kemudian qurban di Yaman, terdaftar 17 kambing dan 19 domba, serta 21 orang untuk tiga sapi gabungan. Untuk Sudan Selatan terdaftar 74 kambing dan 15 domba, 2 sapi per individu serta 49 orang untuk 7 sapi patungan. Untuk Uganda, terdaftar 6 kambing dan 7 orang untuk 1 sapi patungan. Sementara untuk Nigeria, terdaftar 7 kambing.

Luqman menambahkan, qurban ini merupakan amanah dari para sohibul qurban yang menitipkan penyaluran niat baiknya melalui lembaga INH.

“Alhamdulillah pada momentum Idul Adha tahun ini total qurban yang kita kumpulkan berjumlah 462 ekor dari 9 negara, Palestina masih menjadi primadona para donatur untuk berqurban. semoga pada tahun depan jumlah yang kami himpun bisa lebih banyak lagi, terimakasih kepada para donatur yang telah mempercayai lembaga kami untuk menyalurkan qurban,” jelasnya.

Ia mengatakan, qurban ini merupakan hal yang selalu dinanti-nanti warga dari negara penerima qurban yang setiap tahun sudah ada dalam cakupan ruang kerja INH.

“Qurban ini tentu saja sangat mereka nantikan, karena di zaman sudah maju seperti ini, masih banyak yang hidupnya di bawah kemiskinan dan membutuhkan bantuan kemanusiaan, tentu ini memberi rasa bahagia untuk mereka-mereka yang kesulitan memakan daging,” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Program INH Ibnu Hafidz menyatakan apresiasinya kepada sohibul qurban yang telah menitipkan qurban tahun ini kepada INH. Ia menerangkan, INH selalu memberikan laporan bukti kepada para pemilik qurban akan hewan yang mereka sembelih di negara penerima qurban.

“Terima kasih semoga berkenan dengan pelayanan dari kami, dan kami mohon maaf jika ada kendala atau kekurangan selama berinteraksi untuk melaksanakan ibadah qurban,” ujarnya seraya menambahkan, di sebagian negara penyembelihan qurban bisa dilakukan dalam beberapa hari berdasarkan dengan jumlah qurban yang tersedia.

Ibnu juga menambahkan beberpa NGO seperti Baznas, Cinta Quran Foundation dan Rumah Wakaf juga menitipkan sebagian qurban mereka melalui INH.(***)

Customer Support kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!