Rilis

INH Indonesia dan Malaysia Jalin Satu Misi dalam Silaturahmi

logo inh

Jakarta, INH – Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) tengah mempersiapkan pendirian INH cabang Malaysia untuk mengembangkan sayap kemanusiaan di Asia.

Dalam pertemuan resmi pertama, kedua perwakilan INH Malaysia dan Indonesia membahas berbagai persiapan dan menyatukan visi misi kedua pihak.

Ketua INH Malaysia Faizal mengatakan pentingnya pendirian lembaga kemanusiaan internasional seperti INH untuk mendampingi perjuangan Palestina dalam mencapai kemerdekaannya dan warga negara lain yang tertindas dan terzalimi.

Salah satu contoh yang dikisahkan Faizal benar-benar terjadi di Malaysia. Seorang warga Palestina yang namanya tidak disebutkan Faizal, melakukan aksi bunuh diri di Malaysia setelah dia berusaha meminta bantuan ekonomi namun tidak ada yang menolongnya. Karena putus asa, akhirnya dia melakukan aksi bunuh diri melompat dari lantai yang tinggi.

Aksi ini menjadi alarm bahwa pentingnya lembaga kemanusiaan hadir untuk mereka yang membutuhkan, bukan hanya ekonomi tapi juga psikologis.

Di samping itu, Faizal juga menjelaskan cara-cara pengumpulan dana yang legal dilakukan lembaga kemanusiaan di negerinya. LSM hanya diperbolehkan mengambil 15 persen dana kemanusiaan untuk operasional saja.

Untuk prosedur penggalangan, hukum di Malaysia punya hukum yang mirip dengan di Indonesia. Semua harus terdaftar secara resmi di pemerintahan atau pun kerajaan.
Sementara di Indonesia, Direktur INH Lukmanul Hakim memaparkan peran INH dalam lima bulan ini.

Menurutnya, dalam waktu yang singkat ini INH sudah melakukan belasan program dan beberapa program yang sedang berjalan.

“Kami terus tidak berhenti membuat inovasi program-program baru yang dibutuhkan masyarakat dalam dan luar negeri,” katanya.

Dalam pertemuan ini, baik INH Indonesia dan Malaysia tengah menggodok beberapa program yang belum pernah dilakukan sebelumnya di kedua negara. Ini akan menjadi program inovatif, menarik dan benar-benar efektif karena membangun generasi lebih baik.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *