ABOUT US

Tentang Kami

International Networking for Humanitarian (INH) adalah lembaga kemanusiaan yang lahir sebagai jawaban dari keinginan banyak masyarakat Indonesia untuk menyalurkan rasa cinta mereka kepada Palestina secara langsung diwakili oleh seseorang dari tanah air kita di tanah suci Palestina. Jawaban itu akhirnya digapai pada tahun 2018, saat agresi Israel menargetkan para demonstran damai Palestina yang memprotes untuk dihapuskannya blokade yang mengepung Gaza lebih dari satu dekade. Cara damai telah dilakukan warga Palestina, bahkan mereka pun dipersekusi karena itu.

Muhammad Husein Gaza INH

Sebagai negara Muslim terbesar, masyarakat Indonesia sudah dikenal dengan rasa kepeduliannya yang besar untuk rakyat Palestina. Tidak hanya itu, keimanan yang mendekatkan rakyat Indonesia bersama dengan rakyat Palestina yang dijajah tanah sucinya. Tali persaudaraan ini akan terus kuat dan tidak bisa dipisahkan oleh apapun. Agresi demi agresi Israel terhadap rakyat Palestina menuntut didirikannya lembaga yang fokus membantu isu kemanusiaan Palestina.

Muhammad Husein Gaza

Hal ini berawal dari banyaknya permintaan masyarakat Indonesia melalui aktivis dan relawan kemanusiaan asal Indonesia di Jalur Gaza, Muhammad Husein, untuk menyalurkan bantuan mereka melalui dirinya. Banyaknya permintaan ini yang mewujudkan didirikannya INH. INH lahir dari dorongan kuat masyarakat untuk bisa menyalurkan bantuan mereka melalui orang Indonesia yang berada langsung di Palestina. Maka didirikanlah INH resmi secara hukum pada 6 Juni 2018 di bawah komando Muhammad Husein dan beberapa aktivis kemanusiaan yang direkrutnya.

Menariknya, INH sejak dibangun atas dorongan itu, juga menampung aspirasi banyak pemuda Palestina yang diajak Muhammad Husein. Mulai dari para hafidz, mahasiswa, jurnalis, fotografer, penyiar bahkan para guru juga ikut mengembangkan INH di Jalur Gaza. Anak-anak muda di Jalur Gaza adalah salah satu generasi yang sulit mengembangkan kemampuan mereka akibat blokade dari segala arah, sehingga sulit bagi mereka untuk mencari rezeki. Walaupun begitu, lahirnya INH telah menjadi ladang besar yang dimanfaatkan para pemuda/pemudi Gaza.

Di awal berdirinya, dengan sumber daya manusia yang terbatas, INH juga aktif menurunkan relawan dan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa Lombok dan likuifaksi serta tsunami Palu yang menelan banyak korban jiwa dan merupakan salah satu bencana terbesar setelah gempa dan tsunami Aceh pada 2004. Sejak itu, INH terus aktif membantu berbagai bencana di tanah air sehingga terbentuklah komunitas Sahabat Relawan (SHARE) INH yang hingga hari ini berdiri dan meluaskan jaringan jangkauannya dari waktu ke waktu.

Salah satu kisah yang sering diceritakan relawan INH di Jalur Gaza adalah bagaimana warga Gaza sering mendatangi kantor INH dan menyampaikan duka mereka karena tidak punya uang atau makanan sehari-hari, atau butuh biaya obat untuk keluarganya yang mereka tidak sanggup membayarnya. Kisah seperti ini adalah keseharian yang dilalui tim INH di Jalur Gaza. Mereka membantu dengan sebisa mungkin selama persediaan dan bantuan masih ada.

Dari tahun ke tahun, INH juga menjaring komunitas kemanusiaan di beberapa negara lain yang membutuhkan. Bahkan, INH mengirimkan relawan ke Afrika untuk mengecek kebutuhan warga disana dan menjajaki kerjasama dengan para komunitas yang betul-betul bekerja untuk kemanusiaan. Pada tahun ke-6, INH sudah menyalurkan bantuan ke 9 negara dan, tidak hanya itu, INH juga menguatkan hubungan komunitas Muslim di tanah air dengan penerima manfaat di negara-negara tersebut.

ORGANIZATIONAL STRUCTURE

Struktur Organisasi

Ust. Sahlan Damiri INH
Sahlan Damiri
Dewan Pembina
Dr Abdul Basir Laupe INH
Abdul Basir Laupe
Dewan Pengawas
M Husein Gaza INH
M. Husein Gaza
Founder
Luqmanul Hakim INH
Luqmanul Hakim
Presiden Direktur
Eggy-Retno
Eggy Retno
Sekretaris
Ibnu Hafidz INH
Ibnu Hafidz
Manager Program
rendhy apriandi INH
Rendhy Apriandi
Staff Program
Ahmad Tasori
Ahmad Tasori
Koordinator Media
Eka-Septian
Eka Septian
Staff Media
Wildan Zein INH
Wildan Zein
Staff Media
Muhammad-Amien-Baharudin
M. Amien Baharudin
Staff Media
Rina Asrina
Staff Media
Abdurahman Assysyakir
Head Finance
Sylvia Evi Nuraini
Staff Finance
Andriono Hernandy
Manager Digital Fundraising
Christian Cahyadi INH
Christian Cahyadi
Manager IT
Pandu Mustika Aji
Customer Service
M. Fuad Abdillah
Staff IT
CHAIRUNNISA-AFINA-SIREGAR
Chairunnisa Afina Siregar
Customer Service
Triana Indira Oktaverina
Customer Service
Nurul Chotimah
Nurul Chotimah
Manager Logistik
Achmad Nasai
Staff Logistik
Denny Jaya Abadi
Staff Logistik
Makmun
Staff Logistik
Justianty-Ayu-Chandra
Justianty Ayu Chandra
Staff Logistik

our Vision

Visi Kami

Menjadi lembaga kemanusiaan profesional berskala internasional yang mengedepankan sisi humanisme dalam mengemban tugas kemanusiaan demi mengembalikan stabilitas kehidupan di tengah masyarakat dunia.

To become a professional humanitarian organization on an international scale that prioritizes humanism in carrying out humanitarian tasks in order to restore stability to life in the world community.

our Mission

Misi Kami

  1. Memfasilitasi setiap individu maupun kelompok yang memiliki jiwa relawan, yang ingin mendedikasikan potensinya untuk masyarakat yang membutuhkan, baik secara nasional hingga internasional.
  2. Mewujudkan harapan masyarakat yang membutuhkan untuk bisa hidup layak.
  3. Memberikan solusi efektif dan efisien dalam menanggulangi krisis kemanusiaan di dunia terutama di wilayah tertinggal, terdalam, dan terluar.
  4. Mengoptimalkan potensi kedermawanan masyarakat Indonesia dan dunia terhadap individu maupun kelompok yang hidup dalam krisis kemanusiaan dengan mengelola bantuan secara tepat dan akurat.
  1. Facilitate every individual or group who has a volunteer spirit, who wants to dedicate their potential to communities in need, both nationally and internationally.
  2. Realizing the hopes of people who need to be able to live a decent life.
  3. Providing effective and efficient solutions in overcoming humanitarian crises in the world, especially in underdeveloped, deepest and outermost regions.
  4. Optimizing the generosity potential of the people of Indonesia and the world towards individuals and groups living in humanitarian crises by managing aid in a timely and accurate manner.

OUR MAIN FOCUS

Fokus Utama Kami

Sejak awal berdiri, INH telah berfokus pada pengembangan generasi yang tidak boleh kehilangan akses pendidikan meskipun menghadapi ancaman perampasan hak pendidikan dan tantangan ekonomi yang berkelanjutan. Program ini mencakup berbagai aktivitas dan bantuan yang melibatkan siswa hingga mahasiswa, untuk memastikan mereka mendapatkan akses dan fasilitas pendidikan yang memadai. Program-program tersebut mencakup bantuan sekolah seperti tas, seragam, dan alat tulis untuk yatim dan dhuafa, beasiswa pendidikan, perbaikan sarana prasarana pendidikan, dan banyak lagi.

Program kemanusiaan ditujukan kepada warga Indonesia dan dunia sebagai penerima dan pemberi bantuan. INH memberdayakan mereka agar tidak terpuruk dalam kondisi ekonomi dunia yang tidak selalu stabil. INH mendorong kreativitas warga dunia dalam segala bentuk pelatihan yang berorientasi pada pengembangan diri, serta memberikan bantuan kepada UMKM agar dapat bertahan dalam semua kondisi.

Sebagai lembaga kemanusiaan, kedaruratan menjadi hal yang tidak dapat dihindarkan. Bencana datang silih berganti, tidak memandang lokasi. INH sejak awal berdiri telah menjadi salah satu lembaga kemanusiaan yang terlibat dalam mengirimkan tidak hanya bantuan logistik, tetapi juga kebutuhan mendesak lainnya seperti obat-obatan, kebutuhan musiman, serta program pangan di dalam dan luar negeri. Bantuan ini ditujukan untuk memenuhi segala kebutuhan mendasar, dan bahkan dilakukan secara rutin dan konsisten. Selama lima tahun terakhir, INH telah melaksanakan program bantuan serupa di 11 negara, termasuk Indonesia, Palestina, Rohingya, Yaman, Suriah, Uganda, Nigeria, Kenya, Sudan Selatan, Turki, dan Chad.

Our Legality

Legalitas Kami

Akta Pendirian

No. Akta : 4
Tanggal : 05-Jun-18
Notaris : EKA ASTRI MAERISA, SH., MH., M.Kn

Nomor Induk Berusaha (NIB)

Nomor : 2306230036856

Kepmenkumham RI

Nomor : AHU-0000819.AH.01.08.TAHUN 2019

Tanda Daftar Perkumpulan

Nomor : 062/6814/PPSKS/2021

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor : 92.792.550.3-436.000

Our Achievement

Pencapaian Kami

Awards

Penghargaan

Kami berharap bahwa melalui kegiatan-kegiatan kami, dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan dan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kemanusiaan. Kami siap bekerja sama dengan semua pihak yang memiliki visi dan misi yang sama dalam memperjuangkan hak asasi manusia dan kemanusiaan.

Partners & Cooperation

Partner & Kerjasama

Mitra Media & Publikasi

Mitra Lembaga

Badan Otonom

Customer Support kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!