Pemukim Israel Rusak Kendaraan Milik Warga Palestina

Pemukim Israel Rusak Kendaraan Milik Warga Palestina

NewsINH, Salfit – Sejumlah pemukim Israel merusak kendaraan milik warga Palestina dengan menggunakan batu saat melaju di dekat desa Haris di sebelah barat Salfit, Tepi Barat yang didukuki.

Menurut keterangan saksi mata, seperti dilansir dari kantor berita Wafa, Rabu (16/11/2022) pemukim dengan didukung oleh pasukan Israel berkumpul di pintu masuk barat ke kota Haris dan menyerang mobil Palestina dengan batu, menyebabkan kerusakan pada beberapa mobil yang melintas.

Bentrokan dilaporkan terjadi antara penduduk desa dan pasukan serta pemukim, di mana tentara menembakkan peluru baja berlapis karet dan tabung gas air mata ke arah penduduk yang bergegas mempertahankan rumah dan harta benda mereka.

Tidak ada korban luka atau penangkapan yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Namun sejumlah kendaraan mengalami rusak pada bagian kaca akibat benturan benda keras seperti bebatuan.

Kelompok hak asasi manusia Israel B’Tselem mengatakan aksi vandalisme pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki adalah rutin dan dilakukan dengan dukungan penuh oleh otoritas Israel.

“Kekerasan dan vandalisme pemukim terjadi dengan dukungan penuh oleh otoritas Israel. Terkadang tentara ikut serta dalam penyerangan di lain waktu, mereka berdiri diam. Polisi tidak melakukan upaya substansial untuk menyelidiki insiden tersebut, juga tidak mengambil tindakan untuk mencegahnya atau menghentikannya secara real-time,” katanya.

Israel mendapat manfaat dari dampaknya, karena kekerasan pemukim secara bertahap merampas lebih banyak wilayah Palestina di Tepi Barat, membuka jalan bagi pengambilalihan tanah dan sumber daya oleh negara.

 

Sumber: Wafa

Customer Support kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan apa saja kepada kami!