Pemukim Israel Menyerbuh Mata Air di Lembah Yordan

Pemukim Israel Menyerbuh Mata Air di Lembah Yordan

NewsINH, Lembah Yordan – Pemukim Israel menyerbu mata air di daerah al-Deir di Lembah Yordan utara. Langkah para pemukim Israel ini merupakan bentuk penguasaan sumber mata air secara luas. Sehingga warga disekitar lokasi tersebut akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Aref Daraghmeh salah seorang aktivis lingkungan Palestina, seperti dkitutip dari kantor berita Palestina Wafa, Kamis (27/4/2023) mengatakan, bahwa para pemukim Israel secara sengaja merebut semua air dari mata air di Lembah Yordan untuk kepentingan mereka.

“Ratusan pemukim Israel berkumpul di dekat mata air dan pimpinan mereka melakukan seruan dari apa yang disebut Dewan Pemukiman akan mengambil alih mata air,” katanya.

Aktivis lain, Fares Fuqaha, mengatakan pemukim telah muncul di mata air al-Deir, sebelah timur desa Ein al-Bayda, hampir setiap hari selama lebih dari sebulan.

Dia mengatakan para pemukim menyita lima mata air di daerah itu sejak awal Maret, mencatat bahwa penduduk lokal Palestina menggunakan mata air ini untuk mengairi tanaman mereka, tetapi sejak saat itu, mereka tidak dapat menggunakannya seperti sebelumnya.

Pemukim Israel telah meningkatkan penargetan mata air di Lembah Yordan utara dengan mengubahnya menjadi taman dan mencegah warga Palestina menggunakannya.

Sementara itu, para pemukim mengejar penggembala Palestina dari padang rumput al-Sakot di Lembah Yordan utara dan mengancam akan membunuh mereka jika mereka terus menggembala di daerah itu, menurut Daraghmeh.

Pemukim mencoba mengambil alih padang rumput Sakot dengan mendirikan kandang sapi dan peternakan di daerah itu untuk mencegah para penggembala Palestina menggunakan padang rumput.

 

Sumber: Wafa

#DonasiPalestina