Pemimpin Senior Hamas di Tepi Barat Ditangkap Pasukan Israel

Pemimpin Senior Hamas di Tepi Barat Ditangkap Pasukan Israel

NewsINH, Hebron – Nayef Al-Rajoub pemimpin senior gerakan pembebasan Palestina Harakat al-Muqawamah al-Islamiyyah atau yang akrab dikenal Hamas ditangkap dalam aksi penggrebekan yang dilakukan oleh pasukan Israel dikediamanya yang berada di kota Dura, barat daya Hebron, Palestina.

Mohamed putra pimpinan senior Hamas ini menceritakan kisa penangkapan sang ayahnya. “Nayef Al-Rajoub ditangkap setelah pasukan Israel menggerebek rumahnya di kota Dura, barat daya Hebron,” ungkap putranya, Mohamed, pada Anadolu Agency.

Tidak ada alasan yang diberikan untuk penahanan Al-Rajoub. Pemimpin Hamas itu dibebaskan pasukan Israel pada Januari setelah delapan bulan dalam penahanan administratif. Kebijakan penahanan administratif memungkinkan otoritas Israel menahan warga Palestina tanpa tuduhan pengadilan.

Lama penahanan tak terbatas. Nayef Al-Rajoub adalah saudara dari pemimpin senior Fatah, Jibril Al-Rajoub. Dia terpilih sebagai anggota parlemen selama pemilihan umum 2006 yang dimenangkan Hamas. Dia sebelumnya menjabat sebagai Menteri Wakaf Agama.

Dalam perkembangan lain, seorang warga Palestina terluka oleh tembakan tentara Israel selama bentrokan di kota Betlehem, Tepi Barat, menurut sumber medis setempat.

“Kekerasan meletus ketika pasukan Israel menyerbu kamp pengungsi Dheisha,” ungkap laporan kantor berita Palestina, Wafa.

Tentara Israel mengatakan pasukannya telah menahan empat warga Palestina dari kamp Dheisha dan tiga orang lainnya dari kota Dura, dekat Hebron. Tentara Israel sering melakukan kampanye penangkapan yang luas di Tepi Barat dan Yerusalem Timur dengan dalih mencari orang-orang Palestina yang “dicari”. Penangkapan bisa terjadi kapan saja dan tanpa dakwaan resmi pengadilan.

 

Sumber: Sindonews/Anadolu