Pasukan Israel Tembaki Nelayan Palestina di Lepas Pantai Gaza, 4 Orang Ditangkap

Pasukan Israel Tembaki Nelayan Palestina di Lepas Pantai Gaza, 4 Orang Ditangkap

News INH, Al Quds – Sumber di Palestina dan Israel mengatakan pasukan Zionis menangkap empat nelayan Palestina di lepas pantai Mediterania Jalur Gaza pada Sabtu (4/6/2022) kemarin waktu setempat.

Sekretaris sindikat nelayan Gaza, Nizar Ayyash, mengatakan kepada Reuters setidaknya ada tiga serangan Israel terhadap nelayan Gaza pada hari Sabtu – semuanya di dalam wilayah penangkapan ikan yang diizinkan.

Ayyas mengatakan bahwa dalam salah satu insiden, pasukan Israel menembakkan peluru karet ke sebuah kapal, melukai dua dari empat orang di dalamnya yang kemudian dirawat di rumah sakit.

Di tempat lain, mereka menyita sebuah perahu kecil setelah menahan dua nelayan di atas kapal.

“Kami telah mencatat beberapa pelanggaran terhadap nelayan di zona penangkapan ikan yang diizinkan dalam beberapa minggu terakhir,” kata Ayyash seperti dikutip dari Al Araby, Minggu (5/6/2022).

Sementara itu, militer Israel mengatakan telah menangkap empat nelayan setelah dua kapal Palestina diduga menyimpang dari zona penangkapan ikan yang ditentukan di Jalur Gaza utara.

Perikanan adalah salah satu industri terbesar di daerah kantong pesisir Palestina itu, rumah bagi sekitar 2,3 juta warga.

Israel mempertahankan blokade darat, udara dan laut Gaza, secara efektif mengepung wilayah Palestina. Perahu tidak diperbolehkan menyimpang di luar batas tetap ke utara menuju Israel dan Mesir membuat batasan serupa ke barat daya.