Pasukan Israel Perketat Penjagaan dan Kepung Kota Kuno di Jericho Palestina

Pasukan Israel Perketat Penjagaan dan Kepung Kota Kuno di Jericho Palestina

NewsINH, Jericho – Pasukan pengamanan Israel memperketat penjagaan di pos pemeriksaaan setiap kendaraan yang akan keluar masuk meninggalkan kota kuni Jericho, disebelah timur Tepi Barat, Palestina. Pasukan zionis  Israel telah mengepung kawasan ini semala lima hari berturut-turut.

“Pos pemeriksaan tentara Israel berhenti dan memeriksa secara menyeluruh setiap mobil yang meninggalkan kota kuno Jericho” seperti dikutip dari kantor berita Palestina, Wafa, Kamis (2/2/2023).

Para penduduk lokal dan pelancong yang akan bepergian ke Yordania, yang melewati wilayah Jericho untuk mencapai penyeberangan jembatan Allenby/King Hussein/Karama, mengeluhkan penundaan yang lama dan pencarian menyeluruh di pos pemeriksaan tentara yang ditempatkan di semua pintu masuk kota wisata tersebut.

Tentara memberlakukan pengepungan beberapa hari ini setelah adanya kasus percobaan pembunuhan dengan senjata api di sebuah restoran Israel di luar Jericho. Pihak Israel menduga pelaku percobaan pembunuhan itu melarikan diri ke Jericho.

Orang-orang Palestina mengeluh bahwa setelah serangan itu, Israel telah memberlakukan hukuman kolektif di seluruh kota, sangat merugikan secara ekonomi terutama selama musim ramai mengingat Jericho adalah tujuan populer untuk pariwisata dalam dan luar negeri saat ini karena suhunya yang hangat selama musim dingin. Serta memiliki keindahan alamnya yang luar biasa.

“Kadang-kadang, unit tentara masuk ke Jericho, terutama kamp pengungsi Aqbat Jabr, seperti yang mereka lakukan tadi malam, dan melakukan pencarian,” kata penduduk setempat.

Perlakuan diskriminasi pasukan Israel kerap kali dirasakan oleh jutaan rakyat Palestina yang tinggal di kota-kota diwilayah Tepi Barat. Konflik Israel dan Palestina hingga saat ini belum menemukan titik temu. Israel selalu mengingkari perjanjian damai dan kesepakatan dua negara yang berdampingan.

 

Sumber: Wafa

#Donasi Palestina