Mengenal Iklim di Negeri Palestina

Mengenal Iklim di Negeri Palestina

NewsINH, Palestina – Negeri Palestina dikenal sebagai negeri para nabi. Selain tanahnya yang diberkahi negara yang termasuk dikawasan bumi Syam ini memiliki sejarah panjang tentang peradaban dunia.

Palestina juga termasuk negara dengan iklim tropis, yakni memiliki beberapa musim termasuk musim panas dan musim dingin. Saat ini, menurut Departemen Meteorologi Palestina (PMD) cuaca di Palestina hari ini sebagian berawan dan ringan di siang hari dengan kenaikan suhu menjadi rata-rata musiman.

Cuaca malam ini sebagian berawan dan dingin di pegunungan dan sedang di daerah lain. Angin bertiup dari barat ke barat laut, ringan hingga sedang, dan gelombang laut sedang.

Kenaikan suhu lainnya juga diperkirakan pada hari Selasa, sedikit di atas rata-rata musiman. Suhu turun lagi pada hari Rabu dan Kamis, berada di sekitar rata-rata tahunannya.

Di Palestina, persentase rata-rata langit yang tertutup awan mengalami variasi musiman ekstrim sepanjang tahun.

Masa cuaca lebih cerah setiap tahun di Palestina dimulai sekitar 24 Mei dan berlangsung selama 4,7 bulan, berakhir sekitar 16 Oktober.

Bulan paling cerah dalam setahun di Palestina adalah Agustus, di mana rata-rata langit cerah, sebagian besar cerah, atau berawan sebagian 65% saat itu.

Masa lebih berawan tahun ini dimulai sekitar 16 Oktober dan berlangsung selama 7,3 bulan, berakhir sekitar 24 Mei.

Bulan paling berawan dalam setahun di Palestina adalah Februari, dengan rata-rata langit mendung atau sebagian besar berawan 86% sepanjang waktu.

Musim panas berlangsung selama 1,2 bulan, dari 30 November sampai 6 Januari, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di atas 31°C. Bulan terpanas dalam setahun di Palestina adalah April, dengan rata-rata suhu terendah 31°C dan tertinggi 24°C.

Musim dingin berlangsung selama 1,9 bulan, dari 5 Juni sampai 1 Agustus, dengan suhu tertinggi harian rata-rata di bawah 30°C. Bulan terdingin dalam setahun di Palestina adalah Agustus, dengan rata-rata terendah 21°C dan tertinggi 30°C.

Sementara itu di Palestina, musim hujan biasanya menyengat dan mendung, musim kering biasanya panas dan lembab dan sebagian berawan, dan umumnya panas sepanjang tahun. Sepanjang tahun, suhu biasanya bervariasi dari 21°C hingga 31°C dan jarang di bawah 20°C atau di atas 34°C.

Berdasarkan skor pantai/kolam, waktu terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Palestina untuk kegiatan musim panas adalah dari late Mei hingga mid Oktober.

Berbagai Sumber