Liga Arab: Seret Israel ke Pengadilan Internasional Atas Kejahatan Perang di Palestina

Liga Arab: Seret Israel ke Pengadilan Internasional Atas Kejahatan Perang di Palestina

NewsINH, Kairo – Dewan Liga Arab mendesak Pengadilan Kriminal Internasional untuk menyelesaikan penyelidikan atas kejahatan perang Israel terhadap warga Palestina. Pasalnya, tindakan militer Israel terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza baru-baru ini sangat menciderai asas kemanusiaan.

“Kami mendesak Mahkamah Pidana Internasional untuk menyelesaikan penyelidikan kriminal atas kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukan dan masih dilakukan oleh Israel terhadap rakyat Palestina yang tak berdaya,” kata pernyataan pers Dewan Liga Arab seperti dikutip dari kantor berita Wafa, Kamis (11/5/2023).

Menurutnya, kejahatan yang dimaksud ini termasuk pemukiman dan aneksasi, agresi terhadap kota, desa dan kamp, ​​pembunuhan warga sipil, jurnalis dan paramedis, serta pemindahan paksa warga Palestina dari rumah mereka.

Dewan menyerukan untuk membahas dan menghadapi agresi Israel yang terus menerus terhadap rakyat Palestina dan memberi mereka perlindungan internasional.

Mereka juga meminta Pengadilan Kriminal Internasional untuk mempelajari semua opsi yang dapat digunakan untuk menjalankan yurisdiksinya di tanah pendudukan Negara Palestina, untuk menyelesaikan penyelidikan, memberikan semua kemampuan manusia dan material untuk penyelidikan lebih lanjut.

Dewan mengutuk agresi, pengepungan, dan kejahatan Israel yang meluas terhadap rakyat Palestina di Yerusalem, Jalur Gaza, Jenin, Nablus, Jericho, Ramallah dan seluruh kota, desa, dan kamp Palestina lainnya.

Tak hanya itu, mereka juga mengutuk serangan biadab Israel di Jalur Gaza, yang menargetkan warga sipil, anak-anak dan wanita di lingkungan perumahan saat mereka tidur dengan nyeyak di rumah mereka.

Dewan meminta Dewan Keamanan PBB untuk memikul tanggung jawabnya dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional, dan untuk memberikan tekanan yang diperlukan pada Israel, kekuatan pendudukan, untuk menghentikan agresi dan pengepungan yang dilakukan terhadap rakyat Palestina, yang melanggar hukum internasional, Piagam PBB, hukum humaniter internasional dan hukum hak asasi manusia internasional, dan meminta pertanggungjawaban Israel atas akibat dari semua agresi.

Dewan juga meminta masyarakat internasional untuk mengimplementasikan resolusi terkait dengan perlindungan warga sipil Palestina, khususnya Resolusi Dewan Keamanan PBB No. 904 (1994) dan No. 605 (1987), dan Resolusi Majelis Umum PBB tentang Perlindungan Palestina. Warga Sipil No. 20/10-ES/RES/A (2018).

Selain itu, pihaknya mendesak negara dan lembaga komunitas internasional untuk berpartisipasi dalam perlindungan warga sipil Palestina dan untuk membentuk mekanisme yang praktis dan efektif untuk mengimplementasikan apa yang dinyatakan dalam resolusi Majelis Umum.

Badan Liga Arab meminta Sekretaris Jenderal PBB untuk menerapkan opsi praktis dan efektif untuk melindungi warga sipil Palestina, mendesak Pihak-Pihak Penandatangan Konvensi Jenewa Keempat untuk memikul tanggung jawab mereka dan memastikan penghormatan dan penegakan Konvensi di wilayah pendudukan Palestina. Negara Palestina, termasuk Yerusalem Timur, dengan menghentikan kejahatan Israel dan pelanggaran hukum kemanusiaan internasional dan hak asasi manusia.

Dewan meminta komunitas internasional untuk menekan Israel agar mengizinkan komite pencari fakta yang sedang berlangsung yang dibentuk oleh Dewan Hak Asasi Manusia pada 21 Mei 2021, untuk memasuki wilayah Negara Palestina yang diduduki untuk menjalankan mandatnya dalam pencarian fakta tentang kejahatan dan pelanggaran Israel yang dilakukan di wilayah Palestina, menyerukan komite untuk menindaklanjuti semua pelanggaran dan kejahatan Israel dalam mandatnya dan untuk menyerahkan laporan dan rekomendasinya.

Dewan menyatakan solidaritas penuh dengan rakyat Palestina, dan mendukung ketabahan mereka dalam menghadapi agresi Israel yang terus menerus dan meningkat terhadap mereka, hak sah mereka untuk membela diri, menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para martir dan korban agresi.

Sekretaris Jenderal Liga Arab meminta misi Liga Negara Arab dan dewan duta besar Arab di seluruh dunia untuk mengambil tindakan diplomatik di ibu kota dan organisasi regional dan internasional, untuk menyampaikan tujuan dan isi pernyataan ini, menghargai upaya berkelanjutan Mesir dan Arab untuk menghentikan agresi Israel terhadap rakyat Palestina.

 

Sumber: Wafa

#DonasiPalestina