Israel Dikutuk Dunia Islam, Stop Penyerbuan di Masjid Al Aqsha

Israel Dikutuk Dunia Islam, Stop Penyerbuan di Masjid Al Aqsha

NewsINH, Riyadh – Negara-negara islam kembali secara kompak menyuarakan kemerdekaan bagi bangsa Palestina. Para pemimpin dunia islam mengecam dan mengutuk arogansi zionis Israel terhadap rakyat Palestina baik yang berada di kawasan Tepi Barat maupun di Jalur Gaza.

Berikut negara-negara Islam yang secara kompak menyuarakan dukungan terhadap bangsa Palestina dan pembebasan masjid suci ketiga bagi umat islam yaitu Masjidil Aqsha seperti dilangsir dari situs sindonews.com, kamis (11/8/2022).

1.  Arab Saudi

Arab Saudi mengutuk pemukim Yahudi Israel yang menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa. Menurut Kerajaan Saudi, tindakan warga Yahudi itu “pelanggaran serius terhadap hukum internasional.”

Dalam pernyataan keras, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Saudi meminta masyarakat internasional mengakhiri eskalasi dan memberikan perlindungan yang diperlukan bagi warga sipil Palestina.

Kerajaan mengatakan serangan itu melanggar kesucian tempat-tempat suci di Yerusalem, yang berkontribusi memperburuk ketegangan dan memperpanjang kekerasan, di tengah eskalasi di Gaza yang menewaskan lebih dari 44 warga Palestina dan melukai ratusan orang lainnya pekan lalu.

2. Qatar

Kemlu Qatar mengatakan “praktik provokatif” adalah bagian dari upaya mengubah status historis dan hukum Masjid Al-Aqsa.

Qatar menyerukan masyarakat internasional menghentikan upaya Israel mengubah konflik yang sedang berlangsung menjadi “perang agama.” Kemlu Qatar mengatakan pelanggaran provokatif yang bertepatan dengan serangan baru-baru ini di Gaza akan mengarah pada “eskalasi kekerasan yang berbahaya.”

3. Kuwait

Sementara itu, negara disemenanjung arab yang terkenal dengan negara kecil namun kaya akan minyak yakni Kuwait juga mengutuk tindakan Israel sebagai upaya mengubah status sejarah dan hukum Al-Quds dan kesuciannya.

Kementerian Luar Negeri Kuwait memperingatkan serangan itu akan meningkatkan kekerasan dan ketegangan serta mengancam stabilitas kawasan.

Kuwait juga meminta masyarakat internasional memikul tanggung jawabnya mengekang serangan-serangan ini, mengakhirinya dan memberikan perlindungan bagi rakyat Palestina dan kesucian mereka.

4. Uni Afrika

Liga Muslim Dunia juga mengutuk penyerbuan masjid, dengan mengatakan itu adalah pelanggaran serius terhadap resolusi dan hukum internasional. Liga dan dewan internasional, badan dan dewan mencela “eskalasi berbahaya” yang berdampak pada kesucian situs Islam.

Ketua komisi Uni Afrika (UA) juga mengutuk “serangan serangan udara” Israel di Jalur Gaza ketika kekerasan meningkat di wilayah yang bermasalah.

“Moussa Faki Mahamat mengutuk keras serangan udara yang terus berlanjut oleh Israel di Gaza,” ungkap pernyataan UA.

“Penargetan warga sipil dan pendudukan ilegal yang terus berlanjut oleh pasukan keamanan Israel di Wilayah Pendudukan, merupakan pelanggaran besar terhadap hukum internasional, dan mempersulit pencarian solusi yang adil dan abadi,” papar pernyataan itu.

 

Sumber: Sindonews