Berita, indonesia, Info, internasional, Rilis

WARGA MISKIN TERDAMPAK COVID DI UGANDA DAPAT BANTUAN SEMBAKO DARI MASYARAKAT INDONESIA

pembagian-sembako-INH-uganda 2020

pembagian-sembako-INH-uganda 2020

Penyerahan bantuan sembako dilakukan INH dengan menggandeng yayasan lokal Recreation and Development Centre. (INH)INH for Humanity,UGANDA Pandemi Covid-19 saat ini memang memberikan dampak pada pelemahan ekonomi bagi warga di seluruh negara, termasuk warga mayoritas dhuafa di desa Mwema, Kabupaten Mutumba, Wlayah Namayingo, bagian timur Uganda.

Karenanya, sebagai bagian dalam progam Sembako Tiga Negara yang berlangsung sejak awal Ramadhan, International Networking for Humanitarian (INH) bersama para sahabat relawan INH (SHARE INH) di berbagai wilayah melakukan penggalangan dana bantuan untuk tiga negara terdampak diantaranya Palestina, Uganda dan Indonesia.

Penyaluran bantuan sembako untuk Uganda baru selesai dilakukan, setelah penyaluran dilakukan di dalam negeri dan Palestina.

“Karena pengiriman dana yang cukup sulit kesana jadi penyaluran ke Uganda dilakukan paling terakhir,” ujar ketua INH Luqmanul Hakim.

pembagian-sembako-INH-uganda 27

Bantuan yang digalang sejak sebelum Ramadhan tersebut dibelikan kebutuhan sehari-hari seperti beras, tepung terigu, tepung gandum, gula, minyak, dan garam. Setiap keluarga mendapatkan porsi yang cukup besar untuk tiap satu paket.

Penyerahan bantuan sembako tersebut dilakukan INH dengan menggandeng yayasan lokal Recreation and Development Centre yang sudah berpengalaman dalam mengordinir bantuan dari luar.

 

pembagian-sembako-INH-uganda 19

Pagi hari pada Kamis, 14 Mei 2020, warga di desa Mwema sudah berkumpul di depan sekolah kecil yang dibangun yayasan tersebut. Bangunan sekolah yang masih jauh dari kata layak, di mana dinding yang berbahan batu bata tersebut masih belum sempurna dengan atap yang belum menutupi semua bagian serta banyak lubang di mana-mana.

Warga yang mayoritas adalah orang tidak mampu rela antri demi mendapatkan bantuan satu kardus sembako yang telah disiapkan panitia. Tidak ada rusuh dan berebut, semuanya mengikuti aturan dan mendapatkan bantuan satu persatu.

BACA JUGA: ( Persiapan warga Gaza Palestina dalam menyambut ramadhan, sekaligus … )

Menurut kordinator lapangan penyaluran sembako, Ibrahim, warga sangat antusias mendapatkan bantuan di tengah situasi seperti ini. Meski pun angka kematian akibat Covid-19 di Uganda belum ada, namun lebih dari 200 orang sudah terpapar virus tersebut dan akibatnya warga harus melakukan karantina di seluruh desa tanpa terkecuali.

pembagian-sembako-INH-uganda 8

“Mereka berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah peduli kepada saudara mereka di Uganda, apalagi di situasi serba paceklik seperti ini,” kata Ibrahim yang merupakan salah satu guru di sekolah kecil itu, sambil menambahkan, “Jumlah kami begitu banyak, kami terbuka untuk kepedulian yang berlanjut dari saudara-saudara kami di Indonesia.(INH)

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *