Berita, Info, internasional, Internasional

Ratusan Ribu Anak Suriah Terancam Kelaparan

Anak Suriah sedang menyelimuti dirinya di dalam sebuah kamp pengungsian di Suriah (foto; file AFP)

News INH, Beirut – Sebanyak 700.000 anak di Suriah terancam kelaparan akibat ekonomi negara yang rusak dan dampak pembatasan Covid-19.

Lembaga kemanusiaan Save the Children mengatakan angka baru itu didapat dalam enam bulan terakhir, di mana jumlah total anak-anak yang rawan pangan di seluruh negeri telah meningkat menjadi lebih dari 4,6 juta.

Setelah konflik hampir 10 tahun yang menewaskan sekitar 400.000 dan membuat setengah populasi negara itu mengungsi, ekonomi Suriah telah mengalami kerugian parah dari semua sisi. Menyebarnya Covid-19 juga memperparah kondisi ini.

Mata uang lokal anjlok dalam beberapa bulan terakhir membuat lebih sulit bagi banyak warga Suriah untuk membeli makanan, lapor Arab News.

Lembaga kemanusiaan, Save the Children, mengatakan jumlah anak-anak yang berjuang melawan tingkat kekurangan gizi melonjak tajam di Suriah.

Lembaga kemanusiaan itu melakukan survei baru-baru ini dan menemukan bahwa 65% anak-anak “belum setidaknya makan apel, jeruk, atau pisang selama tiga bulan terakhir”. Di timur laut Suriah, hampir seperempat anak-anak mengatakan mereka belum makan buah itu setidaknya dalam sembilan bulan.

Survei juga menyebut para orang tua tidak punya kesempatan memotong makanan segar seperti daging, buah, dan sayuran, dan hanya mengandalkan nasi atau biji-bijian selama berminggu-minggu.

Seorang ibu mengatakan dia menabung selama tiga minggu untuk membeli satu apel, yang dia bagi lima untuk dirinya dan anak-anaknya. Dikatakan setidaknya satu dari delapan anak di Suriah saat ini menderita risiko jangka panjang stunting atau malnutrisi kronis.

Pemerintah Suriah telah mendaftarkan lebih dari 4.100 kasus virus korona di daerah-daerah bawah kendali pemerintah.(RA)

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *