Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Tiba di Gaza

Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia Tiba di Gaza

NewsINH, Gaza – Bantuan kemanusiaan dari Indonesia telah sampai di Jalur Gaza Palestina melalui Mesir. Bantuan Kemanusiaan itu dikirim melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Lembaga Amil Zakat (LAZ), lembaga-lembaga kemanusiaan, dan masyarakat Indonesia.

Sebanyak 600 truk bantuan kemanusiaan dari telah berhasil masuk ke Gaza melalui gerbang Rafah, Mesir, yang di dalamnya terdapat bantuan dari BAZNAS.

Hal ini disampaikan Perwakilan ERC (Egyptian Red Crescent) dr. Marwan dalam rapat bersama BAZNAS dan KBRI Kairo, pada Kamis malam 9 November 2023, seperti dilansir dari laman baznas.go.id.

“Gedung-gudang bantuan di Mesir saat ini sudah tidak penuh oleh barang karena penyaluran ke Gaza sudah lancar,” ujar Marwan.

Sementara itu, Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA mengatakan, BAZNAS menerima informasi dari KBRI Kairo bahwa Duta Besar Indonesia untuk Mesir Dr. (HC) Lutfi Rauf, MA juga menyaksikan bantuan dari BAZNAS telah masuk ke Gaza.

“Alhamdulillah bantuan tahap pertama yang kami kirim ini lancar, dan tidak mendapat hambatan-hambatan.”

“Semoga pengiriman bantuan untuk selanjutnya pun dapat berjalan dengan lancar,” ujar Kiai Noor.

Kiai Noor menyampaikan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Kairo dan ERC untuk memastikan serta memantau pengiriman bantuan kemanusiaan ini berjalan dengan baik.

Tidak hanya itu, Kiai Noor juga memastikan, donasi kemanusiaan masyarakat yang dititipkan ke BAZNAS 100 persen disalurkan untuk membantu masyarakat Palestina.

“Kami berharap bantuan kemanusiaan yang telah memasuki Gaza ini dapat segera didistribusikan kepada masyarakat Palestina, dan mudah-mudahan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita di sana,” ucapnya.

Sebelumnya, bantuan kemanusiaan telah dilepas oleh Presiden RI Joko Widodo di Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Sabtu 4 November 2023.

Bantuan tersebut tiba di Mesir pada Senin 6 November 2023. Bantuan 51,5 ton tersebut merupakan gabungan dari bantuan pemerintah dan dunia usaha serta masyarakat Indonesia, termasuk BAZNAS. Bersama pemerintah, ada tiga lembaga kemanusiaan yang menghimpun bantuan untuk warga Palestina di Gaza, yakni BAZNAS, Palang Merah Indonesia (PMI), dan Humanitarian Forum Indonesia. (***)