Bantu Ringankan Korban Gempa, Share INH Kirim Bantuan Kemanusiaan

Bantu Ringankan Korban Gempa, Share INH Kirim Bantuan Kemanusiaan

NewsINH, Sumedang – Sahabat Relawan International Networking for Humanitarian atau (Share-INH) Jabodetabek menyalurkan bantuan kemanusiaan di posko relawaan peduli gempa Sumedang, Jawa Barat. Bantuan logistik berupa alat kebersihan, alas tidur dan logistik seperti susu untuk anak-anak.

“Alhamdulillah kami dari Share INH, Jabotabek telah menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita yang terdampak gempa di Sumedang, Jawa Barat,” kata Zelza Alifvia koordinator lapangan saat menyalurkan bantuan tersebut.

Gadis mungil berkacamata ini menceritaka, lokasi penyaluran dibagi menjadi dua titik, lokasi pertama terletak di Dusun 3 Desa Kebon Kalapa Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang. Serta lokasi kedua di RW 003 desa Cipameungpeuk, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

“Semua berjalan lancar, tim kami juga ikut terlibat secara aktif didapur umum membantu relawan di posko dalam menyediakan makanan siap saji untuk para penyintas gempa yang merusak puluhan rumah warga,” jelasnya.

Sementara itu, Indra Penasehat Team Dapur Umum yang juga sebagai Ketua Posgab Jabar mengucapkan terimakasih kepada team Share INH yang telah ikut bersama-sama membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena bencana gempa bumi.

“Alhamdulilah atasnama anak anak posko mandiri mengucapkan terimakasih untuk tim INH atas kepedulian nya banyak banyak terimakasi ,sekarang anak anak sudah kembali ke sekretariat untuk geser ketempat yg lain” kata Indra.

Hal senanda juga diungkapkan Ujang Wina Nugraha Kepala Desa Cimamempek. Menurutnya, kehadiran relawan Share INI memberikan semangat dan motivasi kepada warga yang tengah menderita akibat bencana alam yang melanda wilayahnya.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada relawan posko gabungan mandiri, termasuk INH atas batuan materi dan tenaga untuk membatu warga Cimamepen.” katanya

Seperti diberitakan sebelumnya, serangkaian gempa bumi menyelimuti Sumedang, Jawa Barat, Minggu sore (31/12/2023) silam. Yang paling kuat terjadi sekitar pukul 20.34 malam WIB dengan kekuatan 4,8.

Keretakan di beberapa bagian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang membuat pihak berwenang memindahkan 331 pasien rawat inap ke halaman gedung dan lima tenda yang didirikan di jalan raya.

Sebuah rumah sakit lain di Sumedang, yaitu RS Pakuon berada dalam kondisi aman. Tetapi sebagai langkah berjaga-jaga, pihak rumah sakit memindahkan seluruh pasien keluar rumah sakit dan dirawat di halaman depan.

Sedikitnya 53 rumah di Babakan Hurip rusak dan 200 warga dievakuasi ke lapangan di dekat lokasi. Tim gabungan BPBD sedang mendirikan tenda untuk menampung warga terdampak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang terjadi jelang perayaan malam tahun baru tersebut. (***)