Awal Ramadan, Ratusan Ribu Umat Muslim Laksanakan Sholat Jum’at di Masjid Al Aqsa

Awal Ramadan, Ratusan Ribu Umat Muslim Laksanakan Sholat Jum’at di Masjid Al Aqsa

NewsINH, Al Quds – Ratusan ribu jemaah umat muslim mengikuti Sholat Jumat di kompleks masjid Al Aqsa, Kota Tua Al Quds atau Yerusalem, Palestina. Sholat Jum’at ini merupakan pertama di bulan Ramadhan 1444 Hijriah di masjid suci ketiga bagi umat muslim di dunia.

Sholat Jumat berjalan lancar dan khusyuk di tengah meningkatnya ketegangan antara pejuang Palestina dan tentara Israel, termasuk di Yerusalem Timur yang merupakan tempat Masjid Al Aqsa berdiri.

“Sholat berjalan dengan damai dan semuanya berjalan dengan baik,” kata Azzam Al Khatib, kepala dewan urusan Wakaf Islam Yordania, selaku pengelola kompleks Masjid Al Aqsa, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (25/3/2023) kemarin.

Para pejabat Israel memperkirakan jumlah jemaah Sholat Jumat di Al Aqsa menembus 80.000 orang, sementara Wakaf Islam Yordania menyebut jumlah jemaah yang mengikuti sholat Jumat di Al Aqsa jumlahnya mencapai 100.000 jemaah.

Sementara itu, guna melakukan pengaman Kepolisian Israel mengaku telah mengerahkan 2.300 petugas yang menjaga seluruh bagian Yerusalem Timur terkait pelaksanaan Sholat Jumat. Jumlah tersebut lebih banyak dari pada hari biasanya.

Kerumunan jemaah berdatangan melalui pintu masuk Bab Al Silsilah ke kompleks sambil membawa sajadah. Banyak dari mereka merupakan jemaah asal Tepi Barat, salah satunya Aboud Hassan (62). Dia berangkat sejak Jumat pagi dari Kota Nablus. Antrean panjang terjadi di pos pemeriksaan Qalandiya, salah satu titik penyeberangan dari Tepi Barat menuju Yerusalem.

Otoritas Israel melonggarkan pembatasan bagi warga Palestina di Tepi Barat mengunjungi Yerusalem untuk melaksanakan sholat di Masjid Al Aqsa.

“Ramadan adalah bulan terpenting dalam setahun dan tidak ada yang paling penting bagi saya kecuali Al Aqsa. Tidak ada yang bisa menghentikan kami untuk sholat di Al Aqsa, Alhamdulillah. Sholat hari ini berjalan lancar tanpa masalah, Alhamdulillah,” ujar Hassan.

Sumber: InewsID/AFP
#DonasiPalestina